PEMBERITAHUAN: Mohon Maaf, jika anda mengunjungi website kami dari Google dan anda diarahkan ke halaman utama [home], dan tidak menemukan informasi yang anda cari, TENANG, tulisan yang anda cari ada di website kami. 
Silahkan ketik menggunakan kata kunci di penelusuran website kami [pojok kanan atas]. Kami barusaja melakukan perubahan link saja untuk lebih baik lagi.
Mohon maaf atas ketidaknyamananya, Salam Gowes! :-)

Tips Merawat Sepeda Onthel Dengan Mudah

Tips Merawat Sepeda Onthel Dengan Mudah


ReviewSepeda.com | Tips Merawat Sepeda Onthel Dengan Mudah | Bagaimana tips-tips merawat sepeda onthel? Siapa sangka sepeda onthel yang telah berusia puluhan tahun justru memiliki basis peminat yang banyak sekali. Yap, daya tarik utama dari sepeda ini terletak pada pesonanya yang tak lekang oleh waktu. Bayangkan, ada begitu banyak kenangan-kenangan yang telah dilalui oleh sepeda tersebut.

Sepeda onthel harus dirawat dengan benar dan teratur supaya kondisinya tetap bagus. Hal ini mengingat sepeda tersebut telah berumur tua sehingga kemungkinan besar kekuatan komponen-komponennya mulai berkurang. Terlebih jika anda sering mengendarai sepeda onthel, maka sudah sepatutnya perawatan sepeda diberikan secara lebih intensif.



Bagaimana cara merawat sepeda onthel agar kondisinya tetap terjaga baik, Berikut :


1. Oleskan Pelumas dengan Teratur

Pada umumnya, sepeda onthel dibuat dari frame besi yang kuat. Jadi agar tidak mengalami korosi, anda perlu mengoleskan pelumas ke setiap permukaan sepeda yang berisiko seperti bingkai, rantai, gear, jeruji, dan lain-lain. Jika sampai berkarat tentu komponen-komponen tersebut bakal kering, macet, dan rusak. Gunakan pelumas untuk sepeda motor bila anda kesulitan mencari pelumas khusus sepeda.


2. Periksa Kondisi Rem

Rem juga berpotensi mengalami kerusakan dan kehilangan daya gunanya apabila tidak dirawat dengan benar. Hal ini tentu akan membahayakan pengendara sepeda jika tidak bisa mengerem dengan baik. Solusinya tidak lain adalah mengganti rem dengan yang baru. Namun karena saat ini cukup sulit menemukan onderdil yang lawas, maka anda bisa menggantinya dengan rem baru tetapi modelnya jadul.


3. Jangan Pernah Mengupas Karat

Ketika anda menjumpai karat yang muncul di sepeda onthel kesayangan, jangan pernah mengupasnya langsung secara manual. Pasalnya cara ini bakal mengurangi ketebalan sepeda anda sehingga semakin tipis. Pembersihan karat sebaiknya dilakukan dengan mengosoknya memakai ampelas halus sampai permukaannya rata. Lalu kuaskan cat atau semir secara tipis pada bekas karat tadi.


4. Prosedur Pencucian yang Benar

Pencucian sepeda yang benar dilakukan dengan menggunakan air bertekanan sedang untuk menghapus kotoran dan debu yang melekat. Selanjutnya anda bisa menggunakan sampo sepeda motor berbahan lembut untuk menjamin kebersihannya. Sedangkan untuk memberhikan bagian-bagian yang sulit dijangkau seperti rantai dan gear, cobalah gunakan bantuan sikat gigi bekas.


5. Poles dengan Zat Pelapis Khusus

Kondisi jalanan yang ramai kini menyebabkan sepeda onthel mudah sekali kotor, berdebu, dan tersengat matahari. Supaya sepeda anda lebih terlindungi, poleslah dengan zat pelapis khusus. Produk ini akan melindungi warna sepeda bahkan meningkatkan kilauannya.


Sumber : http://sepedawan.blogspot.co.id

Tidak ada komentar