PEMBERITAHUAN: Mohon Maaf, jika anda mengunjungi website kami dari Google dan anda diarahkan ke halaman utama [home], dan tidak menemukan informasi yang anda cari, TENANG, tulisan yang anda cari ada di website kami. 
Silahkan ketik menggunakan kata kunci di penelusuran website kami [pojok kanan atas]. Kami barusaja melakukan perubahan link saja untuk lebih baik lagi.
Mohon maaf atas ketidaknyamananya, Salam Gowes! :-)

Tips Memilih Sepeda Anak Yang Tepat

Tips Memilih Sepeda Anak Yang Tepat


ReviewSepeda.com | Tips Memilih Sepeda Anak Yang Tepat | Sepeda adalah kendaraan roda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Menggunakan sepeda di sekitar area kota merupakan pilihan tepat agar kondisi lingkungan dapat terjaga dengan baik.


Hal tersebut dikarenakan alat transportasi sepeda tidak menggunakan bahan bakar yang berfungsi untuk menghidupkan mesin seperti kendaraan lainnya. Sehingga dengan begitu udara yang dihasilkan tidak akan menjadi polusi akibat asap yang berasal dari mesin kendaraan. Alat transportasi sepeda juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan perjalanan jarak pendek atau dekat.


Tentunya hal tersebut akan memudahkan anda berpergian ke suatu tempat yang diinginkan, jika harus dibandingkan dengan berjalan kaki sudah pasti akan memerlukan waktu yang lama dan terasa sangat melelahkan.


Karena perkembangan jaman yang semakin maju dan modern kini para produsen sepeda banyak menghasilkan jenis-jenis sepeda berdasarkan kebutuhan dan kegunaan seperti sepeda gunung, sepeda kota, sepeda balap, sepeda mini atau anak, bahkan sepeda model terbaru dengan kapasitas mesin tenaga canggih. Namun semakin banyaknya kendaraan teknologi modern lain seperti mobil dan motor, kini penggunaan sepeda sepertinya kurang dilirik kalangan masyarakat. Pemakaian sepeda yang tidak dapat digunakan jarak jauh dan terlalu lambat sering dijadikan alasan bagi para pengendaranya.


Walaupun sebagian besar kalangan dewasa tidak memilih sarana transportasi ini, namun bagi kebanyakan anak-anak sepeda tetap menjadi pilihan mainan berkendara favorit dan paling banyak diminati. Banyaknya desain serta merk sepeda anak yang berkualitas juga dapat anda pilih berdasarkan kegunaan dan budjet yang tersedia.


Mengajarkan anak bersepeda juga dapat merangsang keterampilan motorik. Kan tetapi kesalahan yang paling sering dilakukan para orang tua yaitu membelikan sepeda anak sembarangan tanpa memperhatikan fungsi dan keamanan khususnya untuk balita. Padahal merk sepeda yang terkenal belum tentu memiliki kualitas dan mutu yang baik bagi si pemakai.


Sepeda anak umumnya banyak dijual dengan harga yang terbilang mahal, untuk itu sangat disayangkan jika sepeda yang baru kita beli kemarin sudah tidak dapat terpakai lagi. Terlebih lagi banyaknya pilihan sepertinya akan membuat anda semakin bingung dalam memilih sepada anak yang bagus seperti apa. Untuk itu sebagai solusi bagi anda para orang tua yang ingin membelikan sepeda untuk anaknya inilah cara yang dapat dilakukan.



Tips memilih sepeda anak yang tepat :


1. Sesuaikan usia


Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam memilih sepeda anak yaitu sesuaikan dengan faktor usia namun hal tersebut tidak dapat dijadikan pertimbangan baku dalam pemilihan sepeda. Contohnya untuk anak usia 2 tahun tidak mungkin akan menaiki sepeda untuk anak 17 tahun atau dewasa



2. Sepeda ukuran tepat


Agar terhindar dari kecelakaan seperti anak terjatuh pasa saat berkendara sepeda, pastikan terlebih dahulu ukuran sepeda yang pas supaya anak dapat mengayuh pedal dengan nyaman serta mampu menggapainya selain itu pastikan pula lutut anak tidak menyentuh stang saat mengayuh sepeda.



3. Rangka sepeda


Kemudian hal penting lainnya yang harus di pertimbangkan dalam membeli sepeda adalah bagian Rangka Sepeda. Rangka sepeda yang baik harus kuat, dengan desain lurus dari depan sampai belakang. Cara mengetahui kondisi rangka sepeda yang lurus yaitu dengan melihat dari arah ban depan dalam posisi lurus ke belakang, jika ban depan dan ban belakang tampak lurus maka berarti sepeda tersebut layak dibeli.


4. Rem sepeda
Cara mengetahui kondisi rem sepeda yang baik yaitu dengan memutar rodanya kemudian di rem. Apabila rem mengeluarkan bunyi maka berarti sepeda tersebut tidak bagus. Kondisi rem yang baik biasanya setelah diputar maka roda dengan cepat akan segera berhenti. Rem juga akan sangat berpengaruh terhadap kegiatan aman ketika anak bersepeda.



5. Stang yang tepat


Posisi stang yang tepat juga akan berpengaruh terhadap kenyamanan anak ketika menggunakan sepeda. Usahakan jangan sampai stang pada sepeda terlalu dekat atau terlalu jauh agar anak dapat meraih stang dengan mudah.



6. Pemilihan velg


Ciri-ciri velg yang baik antara lain terbuat dari bahan logam campuran dan alumunium. Alasannya karena bahan tersebut mudah di cengkram oleh rem saat berada di jalan yang basah. Setelah memilih bahan velg, lalu kita dapat mempertibangkan kembali ukuran velg. Ukuran velg yang tepat dapat disesuaikan denagn usai anak, antara lain:




  • usia anak 2 sampai 4 tahun ukuran pelek 12 inci atau 30cm

  • usia anak 4 sampai 7 tahun ukuran pelek 16 inci atau 40cm

  • usia anak 5 sampai 8 tahun ukuran pelek 18 inci atau 45cm

  • usia anak 8 sampai 12 tahun ukuran pelek 20 inci atau 50 cm

  • usia anak lebih dari 12 tahun ukuran pelek 24 inci atau 60cm dan 26 inci atau 65cm


7. Pelindung rantai


Jika memilih sepeda anak usahakan sepeda tersebut memiliki pelindung rantai dibutuhkan untuk melindungi celana atau kaki anak agar tidak kotor ataupun tersangkut selama mengayuh sepeda. Rantai yang tidak tertutupi juga akan memperbesar peluang anak terluka akibat kaki yang bergesekan dengan rantai pada saat sepeda berjalan.

Nah, itulah keseluruhan pertimbangan yang dapat dilakukan ketika anda hendak membeli sepeda anak. Sepeda anak umumnya berbeda dengan sepeda bayi atau balita.

Sepeda balita biasanya memiliki desain yang lebih lucu, dengan gambar karakter atau boneka populer, selain itu pada sepeda bayi biasanya akan terdapat pelindung pada bagian kepala dan tempat bayi meletakkan kaki selain pada pengayuh. Sepeda bayi banyak dijual dengan harga berbeda. Demikianlah artikel tentang tips memilih sepeda anak, semoga bermanfaat.

Sumber : galeriananda.com

Tidak ada komentar