PEMBERITAHUAN: Mohon Maaf, jika anda mengunjungi website kami dari Google dan anda diarahkan ke halaman utama [home], dan tidak menemukan informasi yang anda cari, TENANG, tulisan yang anda cari ada di website kami. 
Silahkan ketik menggunakan kata kunci di penelusuran website kami [pojok kanan atas]. Kami barusaja melakukan perubahan link saja untuk lebih baik lagi.
Mohon maaf atas ketidaknyamananya, Salam Gowes! :-)

Tips Bersepeda Yang Nyaman di Jalan Raya

Tips Bersepeda Yang Nyaman di Jalan Raya


ReviewSepeda.com | Tips Bersepeda Yang Nyaman di Jalan Raya Dengan Sepeda |Selalu ada yang pertama dalam setiap hal. Jika Anda sudah memiliki sepeda dan ingin segera bersepeda untuk pertama kalinya, ada baiknya untuk mengikuti beberapa saran ini. Juga, tak ada salahnya untuk memulai persiapan ini setiap kali Anda hendak beraktivitas dengan sepeda.

1. Cek dan Ricek Sepeda Anda


Pastikanlah sepeda Anda siap untuk digunakan. Cek piranti rem, tekanan angin pada ban, dan komponen bergerak. Jika menemui masalah, segera bawalah sepeda Anda ke toko atau bengkel sepeda terdekat untuk di tune-up. Walaupun sepeda sebenarnya adalah mesin paling sederhana dan efisien, tetap saja membutuhkan perawatan dan penyetalan di beberapa komponennya.

2. Periksakan Tubuh Anda


Jika anda sudah lama sekali tidak bersepeda, adalah bijak jika anda menemui dokter dan menanyakan apakah ada alasan kesehatan tertentu yang perlu perhatian serius jika anda akan mulai bersepeda. Jika kesehatan anda mendukung, kemungkinan besar dokter justru akan menyemangati Anda untuk berolahraga dengan sepeda. Bersepeda dengan jarak dekat terlebih dahulu. Enjoy dan have fun!

3. Perhatikan Keamanan & Keselamatan


Dibalik kesederhanaannya, sebuah sepeda tetaplah sebuah alat transportasi yang selalu bersentuhan dengan pengguna kendaraan lain. Gunakan peralatan dan aksesoris yang mendukung kegiatan bersepeda supaya lebih aman, nyaman, dan tentu saja tetap gaya. Misalnya: penggunaan helm sepeda,Lampu depan-belakang dan reflektor terutama bersepeda di malam hari, Kunci Sepeda yang kokoh, Busana bersepeda yang dapat menambah kenyamanan dalam bersepeda.

4. Cari Lokasi Aman


Bersepedalah di tempat yang relatif aman. Ini berguna untuk meningkatkan percaya diri Anda dan memantapkan pengendalian sepeda saat pertam kalinya bersepeda. Jika sudah tangkas di sini, nantinya di jalan raya anda juga akan bisa menyesuaikan diri. Lakukan beberapa latihan yang penting misalnya, menengok sekilas ke belakang, berbalik arah, berhenti dengan cepat, menghindari batu jalan atau lubang, shifting gear, dan bahkan untuk naik-turun dari sepeda.

5. Patuhi Aturan Lalu-lintas


Jika anda sudah siap turun ke jalan raya, perhatikanlah peraturan dasar berlalu lintas, untuk menghindarkan kita dari kesalahan-kesalahan yang bisa berakibat kecelakaan. Sebagian besar kecelakaan terjadi karena kelalaian manusianya.

6. Have Fun


Bersepeda itu menyenangkan, sehat, aman dan nyaman. Dengan bersepeda, Anda sudah memberi contoh positif bagi orang lain. Jadi, bersenang-senanglah dengan sepeda anda. Banyak sekali komunitas sepeda yang ada, anda bisa bergabung dan mengikuti kegiatan bersepeda mereka dan mendapatkan kesenangan yang tiada hentinya!

13 TIPS MENGENDARAI SEPEDA DI JALAN RAYA yang mudah mudahan berguna :


1.Selalu berkendara di sebelah kiri jalan, dan selalu fokus agar sepeda anda tidak keluar jalur. Dan awasi jalur yang anda lewati, hindari pecahan kaca, gelas, paku dan benda2 yang mencurigakan yang dapat membuat bocor ban anda.

2. Berdisiplin di jalan raya. Selalu beretika di jalan raya, bersabar dan hargai hak-hak sesama pengguna jalan termasuk pejalan kaki.

3. Antisipasi keadaan lalu lintas sejauh 10 meter di depan anda, dan hindari reaksi yang tiba-tiba , misalnya langsung berbelok ke kiri atau ke kanan jalan.

4. Selalu awasi semua pergerakan di depan, belakang, kanan dan kiri anda.

5. Jangan melawan arus jalan, karena ini sangat berbahaya sekali untuk anda dan pengguna jalan yang lain.

6. Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas.

7. Ketika berpindah jalur dari kiri ke kanan biasakan menggunakan tanda dari tangan anda, jika ingin ke kanan arahkan tangan anda ke kanan dan sebaliknya.

8. Ketika ingin memutar pastikan anda berhenti di depan putaran dan berhenti sebentar di trotoar sebelah kiri, setelah keadaan benar-benar aman baru anda menyebrang selayaknya pejalan kaki dengan hati-hati (mengalah untuk menang).

9. Jangan pernah terlalu yakin kalau kendaraan di depan, di belakang atau di samping anda bisa melihat anda,oleh karena itu berhati hatilah dengan sepeda anda.

10. Jika ada pejalan kaki di depan anda kurangilah kecepatan sepeda anda, jika ingin mendahului ucapkan ‘permisi’ (sopan banget nya) supaya mereka tahu keberadaan anda di belakang mereka dan tidak membuat mereka kaget atau panik.

11. Kendaraan bermotor memggunakan mesin bukan otot, jadi jangan buang-buang energy untuk mengalahkan mereka.

12. Apabila terjadi sesuatu dengan sepeda anda, berusahalah tetap tenang dan secara perlahan carilah tempat aman untuk memeriksa kerusakan.

13. Bersepeda di jalan raya bukanlah bersepeda wisata jadi tetaplah focus dan perhatikan sekeliling anda.

Sumber : gowes.org

Tidak ada komentar