Cara Mudah Merawat dan Pembersih Rantai Sepeda

ReviewSepeda.com | Cara Mudah Merawat dan Pembersih Rantai Sepeda | Menurut saran para ahli, sepeda perlu dicuci dan rantainya perlu dilumasi setiap kali selesai digunakan. Jujur saja, berapa banyak di antara kita yang memiliki waktu untuk melakukan hal ini? Setelah bersepeda berjam-jam, Anda pasti lelah dan enggan langsung membersihkan sepeda. Selain itu, kebanyakan di antara kita beranggapan bahwa sepeda memang sewajarnya agak kotor.

Namun, lumpur pada bodi dan rantai sepeda bisa berujung pada masalah yang lebih serius dan bahkan kerusakan parah. Membersihkan sepeda tidak perlu dibuat rumit dan juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Berikut ini beberapa tips dan perlengkapan yang wajib dimiliki setiap pengendara sepeda.

Membersihkan Kerangka Sepeda

Membersihkan kerangka sepeda bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Anda bahkan tidak membutuhkan produk khusus! Cukup siapkan ember berisi air hangat yang dicampur sabun cuci piring cair. Untuk airnya, semakin panas semakin baik, jadi jangan lupa mengenakan sarung tangan karet guna melindungi tangan Anda. Sedangkan untuk pilihan sabun cuci piring, semakin banyak buih semakin baik, jadi aduk campurannya secara merata. Pakai kain lap untuk mengelap seluruh bagian kerangka sepeda. Air panas ampuh membersihkan bagian-bagian yang berminyak, sedangkan sabun mampu menghancurkan lumpur dan kotoran sehingga membuatnya lebih mudah diseka.

Memakai Alat Pembersih Rantai Sepeda

Rantai sepeda memang agak sulit dirawat karena membutuhkan pelumas dan cairan pembersih rantai sepeda. Kedua perlengkapan ini wajib dimiliki untuk menjaga agar rantai sepeda Anda tidak mudah macet. Berikut ini panduan membersihkan rantai sepeda agar dapat berfungsi baik:

  • Semprot rantai sepeda dengan air guna melepaskan kotoran, lumpur, dan debu yang menempel. Jangan gunakan selang air bertekanan terlalu tinggi agar tidak melepas komponen-komponen lain.
  • Setel rantai sepeda bagian depan ke gigi tertinggi dan bagian belakang ke gigi terendah sehingga Anda lebih leluasa membersihkannya.
  • Gunakan air panas untuk menggosok rantainya dengan bantuan sikat berbulu agak kaku—sikat gigi yang bulunya masih tegak dapat dipakai. Pastikan Anda membersihkan seluruh kaitan rantai.
  • Oleskan atau semprotkan cairan pembersih rantai sepeda hingga mengenai seluruh kaitannya. Cairan ini akan menghilangkan sisa-sisa pelumas kotor yang tidak bisa dihilangkan campuran air sabun.
  • Setelah rantai bersih dan kering, oleskan pelumas agar rantai dapat berputar lancar. Rantai sepeda yang kekurangan pelumas akan mudah berkarat. Sebaliknya, rantai yang kelebihan pelumas akan lebih mudah menarik kotoran. Oleh karena itu, baca dan ikuti rekomendasi takaran pada kemasan produk.

Merawat Kabel Sepeda

Selain rantai sepeda, kabel sepeda juga perlu dibersihkan dari sisa-sisa pelumas yang sudah bercampur debu dan diberi pelumas segar. Sama seperti pada rantai, semprot kabel sepeda, sikat seperlunya dengan campuran air sabun, oleskan cairan penghilang pelumas, lalu tetesi dengan pelumas baru. Metode terbaik adalah dengan memijat dan mendiamkan kabelnya selama beberapa saat supaya pelumas dapat terserap.

Perlukah Memoles Sepeda?

Banyak pengguna sepeda yang cukup rajin memoles kerangka sepeda, jok, dan pelek roda guna membuat sepeda kembali berkilau seperti baru. Namun, beberapa ahli justru tidak menyarankan penggunaan produk pemoles. Dua bagian pada sepeda yang paling sering dipoles adalah jok dan bingkai roda. Memoles jok sepeda memang membuat sepeda Anda terlihat bagus, namun bisa membuatnya licin dan menimbulkan risiko mengganggu stabilitas posisi duduk Anda. Sedangkan produk pemoles yang menempel pada pelek roda dapat mengurangi efektivitas rem. Oleh karena itu, Anda cukup mengikuti metode perawatan sepeda yang dibahas di atas dan meninggalkan metode-metode yang lain! Sumber : cleanipedia.com

About reviewsepeda.com

reviewsepeda.com
Informasi lengkap seputar sepeda: Harga Sepeda, Merk Sepeda, Jenis Sepeda, Sepeda Listrik, Sepeda MTB, Sepeda Anak, Sepeda Gunung, Sepeda Lipat, Sepeda Polygon, Sepeda United, Sepeda Thrill, Komunitas Sepeda, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *