PEMBERITAHUAN: Mohon Maaf, jika anda mengunjungi website kami dari Google dan anda diarahkan ke halaman utama [home], dan tidak menemukan informasi yang anda cari, TENANG, tulisan yang anda cari ada di website kami. 
Silahkan ketik menggunakan kata kunci di penelusuran website kami [pojok kanan atas]. Kami barusaja melakukan perubahan link saja untuk lebih baik lagi.
Mohon maaf atas ketidaknyamananya, Salam Gowes! :-)

Tips Pemanasan Yang Benar Sebelum Bersepeda

Tips Pemanasan Yang Benar Sebelum Bersepeda


ReviewSepeda.com | Tips Pemanasan Yang Benar Sebelum Bersepeda | Di hari yang baik ini, kami akan mencoba memberikan tips pemanasan singkat bagi anda yang hendak bersepeda. Tentunya bagi sebagian orang sebleum berohlaraga pasti melakukan pemanasan agar tidak terjadi yang tidak kita inginkan.

Jika anda hanya memiliki waktu sedikit, anda bisa melakukan 4 hal penting pemanasan sebelum bersepeda berikut.

  • Yaitu anda bisa melakukan mandi dengan menggunakan air hangat sebelum bersepeda.



  • Melakukan gerakan senam yang dulu pernah kita lakukan waktu jaman sekolah. Tujuannya agar aliran darah merata di seluruh bagian tubuh, dari kepala hingga ujung kaki anda.



  • Anda bisa menggosokkan minyak pijit atau krim yang sifatnya menghangatkan bagian tubuh anda. Gosokkan pada bagian bagian anggota tubuh anda yang sering (intens) bergerak pada saat nanti anda bersepeda.


Berikut sedikit kami jabarkan (perjelas) secara singkat melakukan gerakan senam (step 2 di atas) saat pemanasan sebelum naik sepeda.

Yang Pertama :

  1. Anda biasa melakukan gerakan kepala ke atas dan ke bawah (sebanyak 2x8), gerakan ke kanan dan ke kiri, gerakan miring ke kanan dan ke kiri, gerakan memutar ke kanan dan ke kiri dengan jumlah itungan 2X8 setiap gerakan.

  2. Anda bisa ibaskan kedua telapak tangan anda secara tak beraturan untuk memberikan relaksasi pada jari anda. Kemudian gerakan lainnya, dengan memusatkan gerkan pada kedua tangan yang terlihat seperti dalam pososo berenang gaya dada, yaitu tarik tangan kanan dengan menggunakan tangan kiri anda, begitu pula lakukan sebaliknya ya. Di sini anda bisa gunakan kreasi anda sendiri, asal tidak berlebihan.

  3. Pusatkan pada kedua kaki anda, lalu lakukan gerakan memutar salah satu telapak kaki dengan bertumpu pada jemari baik ke kanan maupun kekiri. Tambahkan juga gerakan yaitu tekuk kaki kanan anda sementara kaki kiriny tetap lurus, sedangkan kedua tangan bisa anda tumpukan pada lutut kaki kanan. Lakukan juga gerakan ini sebaliknya. Kemudian gerakan selanjutnya, pada posisi berdiri tegap anda bisa menarik lutut kaki kearah dada anda, lalukan bergantian kaki kiri kemudian kaki kiri.

  4. Dan yang Terakhir, Jika perlu anda bisa melakukan push up atau sit up ringan dengan sedikit hitungannya.


Kami belum tau persis apakah pemanasan ini baik bila di tinjau secara ilmiah-nya, namun tidak ada salahnya kan kalo anda mencobanya yang penting tujuannya agar peredaran darah lancar dan meregangkan otot anda agar tidak kaku yang bisa mengakibatkan otot menjadi keram.

Dan kami menyarankan sebaiknya pemanasan dilakukan dengan didampingi oleh orang yang sudah ahli (sudah biasa) di bidangnya. Manfaat pemanasan sebelum bersepeda yaitu baik unuk merangsang kerja otot agar tidak kaku, baik untuk kesehatan jantung anda

Anda juga harus mengatur pola makan ideal sebelum dan sesudah bersepeda, karena tubuh kita pasti membutuhkan energi lebih untuk aktifitas bersepeda. Semoga Artikel ini bermanfaat untuk anda . Salam Gowes

Tidak ada komentar