PEMBERITAHUAN: Mohon Maaf, jika anda mengunjungi website kami dari Google dan anda diarahkan ke halaman utama [home], dan tidak menemukan informasi yang anda cari, TENANG, tulisan yang anda cari ada di website kami. 
Silahkan ketik menggunakan kata kunci di penelusuran website kami [pojok kanan atas]. Kami barusaja melakukan perubahan link saja untuk lebih baik lagi.
Mohon maaf atas ketidaknyamananya, Salam Gowes! :-)

Cara Merawat Sepeda Saat Musim Hujan

Cara Merawat Sepeda Saat Musim Hujan


ReviewSepeda.com | Cara Merawat Sepeda Saat Musim Hujan | Bagi pesepeda, musim hujan bisa membawa masalah tersendiri. Selain menambah resiko terjatuh lantaran jalan yang basah atau lubang yang tertutup genangan, kotoran atau pasir bisa menempel ke sepeda dengan mudah.

Kotoran yang menempel kemudian bisa mengakibatkan komponen sepeda tidak bisa bekerja secara maksimal. Atau, bila didiamkan dalam waktu lama, bisa jadi kondisi itu membuat komponen sepeda tidak berfungsi atau rusak.

Oleh karena itu diperlukan perawatan khusus pada agar kita terhindar dari masalah dan sepeda pun tetap memiliki performa yang maksimal.

Khusus untuk road bike (sepeda balap), ada beberapa hal atau bagian pada sepeda yang perlu diperhatikan untuk dibersihkan atau dicuci. Bagian tersebut meliputi hub, sprocket, bottom bracket (BB) serta komponen lainnya.

“Pada musim hujan, kotoran bisa masuk ke hub, sprocket dan BB. Itu bisa fatal karena akan terjadi gesekan antara bearing pada BB sehingga membuat BB atau komponen jadi agak seret atau kasar. Akibatnya kurang maksimal untuk cadence (irama kayuhan) atau performance sepeda,” imbuh Neil, Sales Consultant Technobike BSD.

Untuk pencucian sepeda, Neil memberi beberapa saran. Caranya adalah sepeda harus dibongkar total, dengan melepas bagian roda dan rantai. Selanjutnya, hub, sprocket dan BB dicuci. Selain itu, bagian lain yang juga dibersikan adalah front derailleur (FD), rear derailleur (RD) dan brake (rem).

Niel juga mengingatkan bahwa untuk pencucian tidak menggunakan air biasa, melainkan dengan air hangat.

“Kami di Technobike, untuk bike wash, menggunakan air hangat, bukan air biasa, agar kotoran bisa rontok,” tutup Neil.

Di samping itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, para mekanik di Technobike BSD juga didukung dengan beberapa bahan pembersih khusus lainnya. kutipan tersebut di kutip dari : gowes.org

Semoga bermanfaat. Salam Gowes

Tidak ada komentar